Minggu, 12 November 2017

Contoh RPP Kurikulum 2013


Sekolah/Madrasah                 : MAS AL MUBAROKAH
Matapelajaran                       : NAHU
Kelas/Semester                     : XII / I
Materi Pokok                        : An Na’tu wa Al Man’ut
Alokasi Waktu                      : 1 x Pertemuan ( 2 x 45 Menit )

A.  KOMPETENSI INTI
1.      Kompetensi Inti (KI 1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam yang benar sebagaimana yang diajarkan oleh Salaf Saleh.
2.      Kompetensi Inti (KI 2):
Menghayati dan mengamalkan serta menjunjung tinggi sifat jujur, amanah, fathonah, disiplin, dan bertanggung jawab juga bermasyarakat. Dan menjadikan Alquran dan Sunah  sebagai pedoman dan panutan dalam setiap akhlak dan etika yang baik.
3.      Kompetensi Inti (KI 3):
Menganalisis, memahami, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan secara objektif, terarah dan terorganisir berdasarkan kemampuan dan rasa ingin tahu murid. Hal ini ditunjang dengan pemanfaatan teknologi yang tersedia juga dengan wawasan seni, budaya, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian sesuai apa yang dianut oleh NKRI. Dan secara keseluruhan lebih ditujukan kepada minat dan bakat setiap peserta didik.
4.      Kompetensi Inti (KI 4):
Menciptakan suasana pengembangan diri secara mandiri baik secara konkret maupun abstrak kemudian mengaplikasikannya sesuai kaidah dan norma keilmuan yang dipelajari.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1. Mengetahui sifat-sifat an Na’tu wa al Man’ut, pembagiannya, jenis-jenisnya dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.
1.1.1. Mampu membedakan dan mengidentifikasikan antara an Na’t dan al Man’ut
1.1.2. Mampu memberikan contoh sederhana
2.1. Memahami dan menguasai secara garis besar materi yang dipelajari
2.2.1. Mampu menjawab setiap soal dan pertanyaan berkenaan materi yang terkait
2.2.2. Mampu menerapkan materi i’robiyyah ketika membaca teks asli

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah memahami dan menjawab persoalan, peserta didik mampu menerapkan materi an Na’tu wa al Man’ut baik secara lisan maupun tulis.

Kitab Tahzib Syarh Ibnu Aqil h. 53-60.
Ringkasan dalam mapping mind.




1.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
a.    Guru mempersiapkan mental peserta didik dalam pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen kehadiran siswa.
b.    Guru mengajak berdialog peserta didik dengan sapaan hangat baik berupa motivasi ringan atau hanya bertanya kabar. 
c.    Guru mengevaluasi pembelajaran hari ini dengan mengaitkannya pada pembahasan sebelumnya
d.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti: ( 75 Menit )
Memahami (25 Menit)
a.    Setiap murid didik menyimak dan menghayati materi yang didengarnya.
b.    Setiap murid berusaha memahami makna secara keseluruhan terkait dengan isi materi.
Tanya Jawab (40 Menit)
a.    Guru memberikan contoh sederhana pada setiap jenis dan pembagian materi.
b.    Guru mempersilahkan murid untuk maju kedepan dan menuliskan sebuah contoh,
c.    Guru mempersilahkan kepada murid-murid yang lain untuk mengomentari contoh yang dituliskan
d.    Memberi apresiasi kepada murid yang menjawab soal atau yang memberi tanggapan
e.    Bila ada jawaban yang keliru dan tidak ada satupun murid yang mampu untuk menyelesaikannya maka seorang guru memberikan stimulus yang mengarahkan pada jawaban yang dimaksud dan berusaha sebisa mungkin untuk tidak menjawabnya secara langsung.
3.      Penutup (10 Menit)
a.    Mengadakan evaluasi dan meninjau kembali masalah-masalah yang dihadapi.
b.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
c.    Doa dan salam

H.    PENILAIAN DAN EVALUASI
           1.      Kehadiran dan Keaktifan              : 10%
           2.      Tugas                                             : 10%
           3.      UTS                                               : 30%
           4.      UAS                                              : 50%
           5.      Total                                              : 100%

Deli Serdang, 21 Oktober 2014

Kepala Madrasah



KH. Ahmad Fauzi, M.A
NIP.
Guru Bidang Studi



NIP.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar