Sekolah/Madrasah : MAS AL
MUBAROKAH
Matapelajaran : NAHU
Kelas/Semester : XII / I
Materi
Pokok : An Na’tu wa
Al Man’ut
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan ( 2 x 45 Menit )
A. KOMPETENSI
INTI
1. Kompetensi
Inti (KI 1):
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama Islam yang benar
sebagaimana yang diajarkan oleh Salaf Saleh.
2. Kompetensi
Inti (KI 2):
Menghayati dan
mengamalkan serta menjunjung tinggi sifat jujur, amanah, fathonah,
disiplin, dan bertanggung jawab juga bermasyarakat. Dan menjadikan Alquran dan Sunah sebagai pedoman dan panutan dalam setiap
akhlak dan etika yang baik.
3. Kompetensi
Inti (KI 3):
Menganalisis, memahami, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan secara objektif, terarah dan terorganisir berdasarkan kemampuan dan rasa ingin tahu murid. Hal ini
ditunjang dengan pemanfaatan teknologi yang tersedia juga dengan wawasan seni,
budaya, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian sesuai apa yang dianut oleh NKRI. Dan secara keseluruhan lebih
ditujukan kepada minat dan bakat setiap peserta didik.
4. Kompetensi
Inti (KI 4):
Menciptakan
suasana pengembangan diri secara mandiri baik secara konkret maupun abstrak
kemudian mengaplikasikannya sesuai kaidah dan norma keilmuan yang dipelajari.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1. Mengetahui sifat-sifat an Na’tu wa al Man’ut, pembagiannya,
jenis-jenisnya dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.
|
1.1.1. Mampu membedakan dan mengidentifikasikan antara an Na’t dan al Man’ut
1.1.2. Mampu memberikan contoh
sederhana
|
2.1. Memahami dan menguasai secara garis besar materi yang
dipelajari
|
2.2.1. Mampu menjawab setiap soal dan pertanyaan berkenaan
materi yang terkait
2.2.2. Mampu menerapkan materi i’robiyyah ketika membaca teks asli
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah memahami dan
menjawab persoalan, peserta didik mampu menerapkan materi an Na’tu wa al Man’ut baik
secara lisan maupun tulis.
Kitab Tahzib Syarh
Ibnu Aqil h. 53-60.
Ringkasan dalam mapping
mind.
1. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (15 menit)
a. Guru mempersiapkan mental peserta didik
dalam pembelajaran dengan berdoa dan mengabsen kehadiran
siswa.
b. Guru
mengajak
berdialog peserta didik dengan sapaan hangat baik berupa motivasi ringan atau
hanya bertanya kabar.
c. Guru
mengevaluasi pembelajaran hari ini dengan mengaitkannya pada pembahasan
sebelumnya
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
Inti: ( 75 Menit )
Memahami (25 Menit)
a. Setiap
murid
didik menyimak dan menghayati materi yang didengarnya.
b. Setiap
murid berusaha memahami makna secara keseluruhan terkait dengan isi materi.
Tanya
Jawab (40 Menit)
a. Guru memberikan contoh sederhana pada setiap jenis dan
pembagian materi.
b. Guru mempersilahkan murid untuk maju kedepan dan
menuliskan sebuah contoh,
c. Guru
mempersilahkan kepada murid-murid yang lain untuk mengomentari contoh yang
dituliskan
d. Memberi
apresiasi kepada murid yang menjawab soal atau yang memberi tanggapan
e. Bila
ada jawaban yang keliru dan tidak ada satupun murid yang mampu untuk
menyelesaikannya maka seorang guru memberikan stimulus yang mengarahkan pada
jawaban yang dimaksud dan berusaha sebisa mungkin untuk tidak menjawabnya
secara langsung.
3. Penutup (10
Menit)
a. Mengadakan
evaluasi dan
meninjau kembali masalah-masalah yang dihadapi.
b. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
c. Doa
dan salam
H. PENILAIAN DAN
EVALUASI
1.
Kehadiran
dan Keaktifan : 10%
2.
Tugas : 10%
3.
UTS : 30%
4.
UAS : 50%
5.
Total : 100%
Deli
Serdang, 21 Oktober 2014
Kepala
Madrasah
KH. Ahmad Fauzi, M.A
NIP.
|
Guru Bidang
Studi
NIP.
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar